MAHASISWA EXCELLENT

MAHASISWA EXCELLENT

Xtine wibhowo,

Untuk Persekutuan Mahasiswa Ecclesia Christi, 19-10-2010

Bacaan : Daniel 6: 1-8

Menjadi mahasiswa sekaligus menjadi terang dan garam, tentu saja tidak mudah. Ada beberapa resep dari seorang pemuda yang pada jamannya sangat diakui kemudaannya sekaligus kebijaksanaanya. Siapakah dia? Dia adalah DANIEL, yang juga seorang mahasiswa dunia sekaligus mahasiswa surga!

Mengapa Daniel bisa begitu? Berikut resepnya :

  1. Excellent Knowledge

Daniel paham bahwa mahasiswa identik dengan kepandaian. Maka sebagai mahasiswa, kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa kita pandai. Kita cocok menjadi iron stock bangsa, yang selain memiliki kepandaian, juga memiliki soft-skill yang baik. Kepandaian dapat kita peroleh dari belajar tekun dan semangat. Bagaimana orang lain dapat melihat TUHAN kita yang hebat kalau nilai kita jelek?

  1. Excellent Value

Daniel bisa menolak hal-hal yang tidak rohani. Kita memang harus bisa toleransi, namun untuk hal-hal yang terkait dengan prinsip, kita harus teguh pada Firman TUHAN.Dengan istilah lain, mahasiswa harus memiliki moral force (bertindak baik) dan tidak melakukan hal-hal yang bakal menjadi batu sandungan bagi orang lain. Misalnya, boleh saja kita bilang kalau rambut panjang dan musik metal itu adalah seni. Tapi bagaimana anggapan orang kalau melihat mahasiswa kristen berperilaku demikian? Daripada menjadi batu sandungan, mending kita menyanyi lagu yang ’sopan-sopan’ saja kan? Bagaimana juga kalau kita sering menyontek dan titip absen?

  1. Excellent spirit

Walau diancam, Daniel tetepa melekat pada TUHAN. Hubungannya dengan TUHAN tidak pernah ia pertaruhkan demi apapun juga. Mahasiswa kristen tidak boleh takut-takut mengakui bahwa kita adalah anak TUHAN. Ini tidak berarti kita tidak boleh mengikuti organisasi kemahasiswaan yang umum dan hanya menjadi anggota persekutuan mahasiswa kristen. Bukan begitu maknanya. Tetapi, kita harus aktif dalam organisasi yang kita sukai, namun tidak terbawa arus dan tetap menunjukkan bahwa kita adalah pengikut TUHAN.

Setelah kita menjadi mahasiswa excellent, maka kita memiliki tugas untuk menjadi AGENT OF CHANGE.

Mahasiswa bisa menjadi pelopor dalam melakukan gerakan, tetapi gerakan yang berupa konsep (dan bukan gerakan demonstratif, politik dan massa) untuk membuat masyarakat semakin sejahtera.

Ingatlah mahasiswa, Anda diutus TUHAN sebagai domba di tengah-tengah serigala. Andalah saksi TUHAN yang sangat disorot masyarakat, karena Anda adalah calon pemimpin bangsa.

”student today, leader tomorrow”!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: